Sequences Of Restaurant Service

Sequences Of Restaurant Service



Restaurant Dine-In (Makan di Restaurant)

  1. 1.      Welcoming Guest. Menyambut tamu.

·         Pastikan bahwa restaurant telah siap untuk melayani tamu.

·         Dapatkan informasi yang lengkap mengenai reservasi, menu sold out dan menu up-sale atau menu promo.

·         Persiapkan diri dengan standard grooming (penampilan) yang sudah ditentukan dan dilengkapi dengan peralatan kerja yang dibutuhkan. POS Tablet, Pen dan Note Pad (buku catatan kecil), seragam lengkap dengan ID Card.

·         Sambut semua tamu dengan membukakan pintu dan sapa sesegera mungkin dengan senyuman. Sebut namanya apabila memungkinkan:

“Selamat sore bapak. Selamat datang di Roomah Ningrat.”

“Selamat sore bapak Reno. Selamat datang di Roomah Ningrat.”

·         Tanyakan (kepada tamu yang belum diketahui namanya) apabila sudah melakukan pemesanan tempat:

“Permisi, apakah bapak sudah pesan tempat sebelumnya? Atas nama siapa, bapak?”

·         Tanyakan jumlah tamu yang akan datang untuk satu meja:

“Permisi bapak, meja untuk berapa orang?”

·         Tanyakan tempat yang mereka inginkan untuk SMOKING atau NON-SMOKING AREA:

“Permisi bapak, merokok atau tidak merokok? Sebelah sini bapak.”

  1. 2.      Escorting the Guest. Mengantarkan tamu ke meja yang dikehendaki.

·         Antar tamu menuju meja yang dikehendaki. Berjalanlah maksimal dua langkah di depan tamu.

·         Bantulah tamu yang berusia lanjut dengan mengucapkan “Permisi” terlebih dahulu.

·         Untuk tamu pasangan, arahkan mereka ke tempat yang lebih privat.

·         Bantu tamu duduk dengan menarikkan kursi ke belakang dan memastikan kenyamanannya saat duduk. Ladies first (Usahakan membantu wanita terlebih dahulu).

“Permisi ibu, silakan duduk.”

·         Tawarkan baby chair untuk tempat duduk anak kecil.

  1. 3.      Ensure Guest Comfort. Memastikan kenyamanan tamu.

·         Pastikan bahwa meja yang mereka pilih mempunyai kursi yang mencukupi jumlah rombongan. Gabunglah meja apabila diperlukan dengan meminta bantuan rekan yang ada. Jangan menyeret meja karena bisa menyebabkan kerusakan pada meja maupun lantai restaurant.

“Mohon maaf ibu, sudah nyaman duduknya?”

·         Angkat Table Number yang bernomor besar apabila menggabungkan beberapa meja.

  1. 4.      Offer the Menu. Memberikan buku menu.

·         Pastikan buku menu dalam keadaan baik dan lengkap

·         Berikan buku menu kepada setiap tamu apabila memungkinkan. Ladies First.

·         Berikan buku menu dalam keadaan terbuka di halaman pertama.

·         Berikan buku menu dari sebelah kanan tamu.

·         Pegang buku menu di bagian atas buku pada saat memberikan ke tamu.

·         Periksa jangan sampai terbalik dalam memberikan buku menu.

·         Berikan waktu kepada tamu untuk mempelajari buku menu.

“Permisi bapak/ibu, saya Nooy, saya server yang akan melayani bapak/ibu hari ini silakan dipelajari menunya dan saya akan menunggu di sebelah sana.”

·         Jangan meninggalkan meja tamu terlalu jauh dan membuat tamu merasa kesulitan mencari bantuan.

·         Berikan penjelasan yang sopan, jelas, profesional dan tidak tergesa-gesa pada setiap pertanyaan yang diajukan tamu.

  1. 5.      Take the Order. Persilakan tamu untuk memesan makanan dan minuman:

·         Ambil pesanan dari tuan rumah atau host terlebih dahulu.

“Silakan bapak/ibu, sudah siap untuk memesan?”

·         Jangan lupa untuk selalu menyiapkan POS Tablet untuk memasukkan pesanan ke dalam system.

·         Berdirilah dengan jarak yang cukup untuk mendengarkan suara tamu.

·         Usahakan menawarkan menu yang sedang dipromosikan dengan berpedoman pengetahuan yang bagus mengenai menu tersebut

“Hari ini kita ada Promo Gurami Goban bapak Reno. Dengan hanya Rp100.000 bapak sudah mendapatkan 1 ekor Gurami Bakar atau Goreng, 1 porsi Cah Kangkung, Sambal, 2 porsi Nasi Putih dan 2 gelas es teh atau teh hangat.”

·         Input semua pesanan ke dalam system melalui POS Tablet. Jangan lupa mencatat semua permintaan khusus dari tamu.

·         Tawarkan menu yang cocok untuk menemani menu yang sudah dipesan.

“Sambil menunggu makanan utama disajikan, boleh saya tawarkan Kulit Kriuk untuk camilan?”

·         Informasikan kepada tamu terlebih dahulu apabila terdapat makanan yang membutuhkan proses pembuatan yang lama.

·         Catat permintaan khusus seperti gula dipisah, tidak pedas dll. Gunakan pedoman seating number (nomor kursi) dalam pencatatannya.

  1. 6.      Repeat the order clearly. Baca ulang pesanan tamu dengan jelas dan hati-hati.

·         Baca ulang pesanan tamu dengan jelas, detil dan memastikannya kepada pemesan dengan volume suara yang cukup untuk didengar pemesan:

“Permisi, saya ulang pesanannya. 1 Sup Sapi Muda dengan tambahan irisan tomat di dalamnya untuk bapak Reno. 1 Strawberry Mojito, 1 Paket Gurami Goban Bakar untuk sharing dst... Ada yang lain mungkin?”

“Permisi bapak/ibu, mungkin ada makanan yang harus dikeluarkan terlebih dahulu?”

“Baik bapak/ibu. Terima kasih, mohon ditunggu.”

  1. 7.      Print the order. Cetak pesanan dengan menyimpannya ke dalam POS.

·         Cek sekali lagi dengan hati-hati semua pesanan yang masuk ke cashiering system (komputer) dan pastikan tidak ada yang salah.

·         Print pesanan tamu dan pastikan bahwa setiap pesanan telah tercetak melalui mesin printer.

  1. 8.      Know Your Product. Pahamilah produk yang Anda tawarkan.

·         Berapa banyak porsinya, isi dari produk tersebut, waktu pembuatan, standard penyajian, saus, condiment dan lain-lain yang harus disajikan dengan produk, cutleries, chinaware dan gelas.

  1. 9.      Cutlery adjustment and condiment preparations. Penyesuaian peralatan makan dan mempersiapkan bumbu.

·         Persiapkanlah peralatan makan yang dibutuhkan dan sesuai dengan menu pesanan dan juga persiapkanlah condiment untuk setiap menu pesanan. Letakkan cutleries dan condiment di meja tamu dan pastikan bahwa di atas meja telah tersedia tissue (dan asbak untuk di area outdoor).

  1. 10.  Serving Beverage. Menyajikan minuman.

·         Pastikan untuk mengetahui nama dari tiap minuman tersebut dan standard presentasinya (gelas, garnish, straw). Periksa juga apabila ada special request yang di luar standard.

·         Server merupakan tim Quality Control. Bertanggung jawab dengan semua produk makanan maupun minuman yang disajikan ke tamu. Jadi, periksa ulang semuanya.

·         Sajikan minuman sebelum menyajikan makanan dari sebelah kanan dengan tangan kanan. Koordinasikan dengan bar dan kitchen apabila diperlukan.

·         Bawa semua jenis minuman dengan menggunakan service tray.

·         Sajikan pada meja dan tamu yang tepat. Right food on the right person.

·         Sebutkan nama minuman yang disajikan.

“Permisi, Strawberry Mojito, bapak. Silakan.”

·         Pegang gelas di bagian bawah dengan tetap menjaga keseimbangan. Jangan pernah memegang gelas di bagian atas, apalagi di bagian dalam gelas di depan customer.

·         Letakkan minuman di sebelah kanan atas dinner knife atau dinner spoon dengan posisi straw menghadap customer dan garnish di sebelah kanan (untuk minuman tertentu). Letakkan logo apabila ada, tepat menghadap customer (cup, saucer, pot). Periksa space atau tempat yang tersedia sebelum mengeluarkan makanan.

·         Detail table. Periksa apabila ada tissue kotor yang harus dibuang. Selalu menggunakan magic word “Permisi bapak/ibu”

  1. 11.  Serving Food. Menyajikan makanan.

·         Periksa kembali semua makanan sebelum disajikan ke tamu, seperti halnya terhadap minuman.

·         Pegang plate dengan tanpa memasukkan ibu jari ke bagian dalam plate.

·         Bawa plate berisi makanan tanpa service tray.

·         Bawa plate kosong dengan service tray.

·         Maksimal satu server membawa tiga plate makanan.

·         Letakkan plate dengan logo selalu di sebelah depan.

·         Sajikan makanan dari sebelah kanan dengan tangan kanan.

·         Sajikan pada meja dan tamu yang tepat. Right food on the right person.

·         Sebutkan nama makanan yang disajikan:

“Permisi, Sup Sapi Muda, bapak. Silakan.”

·         Tawarkan bantuan setelah menyajikan:

“Permisi bapak, semua pesanan sudah keluar. Ada lagi yang bisa saya bantu, bapak?’

“Selamat menikmati, bapak.”

·         Detail table. Periksa apabila ada tissue kotor yang harus dibuang. Selalu menggunakan magic word “Permisi bapak/ibu”

  1. 12.  Checking Satisfaction. Memastikan kepuasan tamu.

·         Selalu pastikan untuk memeriksa kepuasan tamu.

·         Tentukan waktu yang tepat untuk memeriksa kepuasan tamu. Misalnya saat clear-up atau mengangkat plate kotor:

“Permisi bapak, piring kotornya bisa saya angkat? Bagaimana makanan dan minumannya? Ada yang ingin disampaikan untuk masukan?”

  1. 13.  Clearing up. Membersihkan peralatan makan.

·         Segera angkat dan bersihkan semua plate dan cutlery yang telah digunakan dari sebelah kanan setelah semua tamu selesai makan.

·         Angkat semua plate kotor dari sebelah kanan tamu dengan tangan kanan.

·         Atur posisi cutlery sehingga Anda bisa menjepitnya dengan plate menggunakan bagian tengah jempol kanan.

·         Pindahkan plate tersebut ke tangan kiri dengan tetap menjepit cutleries dan plate menggunakan jempol tangan kiri dan jari kelingking membantu menjepit plate, sehingga tangan kanan dalam keadaan bebas.

·         Lakukan untuk plate yang kedua. Kali ini plate diletakkan di atas pangkal telapak tangan kiri dan sisa makanan dipindahkan ke plate yang pertama. Sehingga plate yang kedua dalam kondisi kosong. Selanjutnya plate yang ketiga dan seterusnya tergantung dari kekuatan Anda.

·         Detail table. Periksa apabila ada tissue kotor yang harus dibuang, kondisi gelas minuman, asbak. Selalu menggunakan magic word “Permisi bapak/ibu”

·         Tawarkan untuk menambah makanan penutup, minuman lain atau kopi dan teh sebagai penutup.

·         Gelas kotor hanya diangkat saat minuman yang baru disajikan, atau atas permintaan tamu.

·         Letakkan semua equipment dan cuttleries di atas troley dengan memperhatikan decoy system.

·         Buang sampah pada tempat yang sudah ditentukan

  1. 14.  Crumbing down. Membersihkan ramah makanan di meja tamu.

·         Gunakan canebo untuk crumbing down dan serving tray sebagai alas.

·         Lakukan dari sebelah kanan dan kiri tamu dan hanya untuk area yang bisa terjangkau dengan mudah.

·         Jangan lupa mengucapkan magic words.

  1. 15.  Presenting customer bill. Menyerahkan bill tamu.

·         Bill tamu hanya dibuat atas permintaan tamu atau instruksi dari manager.

·         Pastikan nomor meja yang meminta bill.

·         Periksa bill secara teliti dan cermat, item, kuantitas dan jumlah bill.

·         Tanyakan apakah tamu mempunyai voucher.

·         Serahkan bill dengan bill folder yang tersedia dalam keadaan terbuka dengan menyebutkan nominal dari total transaksi.

“Semuanya Rp242.500 bapak/ibu. Mohon diperiksa.”

·         Menghitung uang pembayaran di depan tamu dan memastikan jumlah uang yang dibayar

“Uangnya Rp250.000 bapak/ibu”

·         Memberikan uang kembalian di dalam bill folder tertutup dengan menyebutkan nominalnya.

“Permisi bapak/ibu, kembaliannya Rp7.500. Mohon diperiksa, silakan”

  1. 16.  Bid Farewell. Ucapkan terimakasih dengan menyebut nama tamu

·         Ucapkan salam perpisahan dan terimakasih saat tamu beranjak meninggalkan mejanya.

·         Bantulah tamu saat beranjak.

·         Antarkan tamu ke pintu keluar

·         Ingatkan tamu untuk datang lagi lain waktu

“Terimakasih atas kedatangannya, bapak/ibu. Sampai bertemu Sabtu depan”

 

Semoga bermanfaat😊

Post a Comment

Previous Post Next Post