Jasa Konsultan Café & Restaurant
Usaha
Café dan Restaurant adalah
bagian budaya suatu masyarakat baik yang bersifat global maupun lokal, seperti
layaknya industri mode, usaha inipun sangat dipengaruhi dengan trend dari
tiap-tiap zaman dan tentu saja keterlibatan marketing, promosi dan liputan
media massa sangat mempengaruhi perkembangan bisnis ini.
Perlu
untuk selalu diingat bahwa bisnis Café dan
Restaurant adalah industri jasa yang memenuhi kebutuhan primer (utama)
manusia untuk hidup dan manusia memerlukan makan dan minum sepanjang hari dan
sepanjang hidupnya, maka bisnis ini memiliki prospek yang sangat baik dibandingkan
bisnis lainnya. Saat ini kegiatan makan dan minum tidak lagi sekedar memenuhi
kebutuhan dasar untuk hidup tetapi juga sebagai sarana atau bagian dari
kegiatan rekreasi. Masyarakat saat ini lebih cenderung makin tidak mampu
memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang mereka olah sendiri akibat
ketiadaan waktu maupun keahlian untuk itu.
Dalam
bisnis Café dan
Restaurant tidak cukup hanya memikirkan bagaimana membuka usaha ini,
tetapi juga bagaimana mengembangkan usaha ini setelah buka baik pengembangan
bisnis ataupun produk
yang dijual dan layanan yang diberikan sehingga saat para pesaing mulai meniru
produk yang sudah ada, pengusaha sudah mengeluarkan produk baru untuk
ditawarkan kepada konsumen.
Untuk itu, seorang pengusaha Café dan
Restaurant harus selalu mempunyai ide-ide baru
untuk menyikapinya. Dalam hal ini, ide-ide tersebut bisa didapatkan dari
orang-orang yang berpengalaman tentunya dalam bidang Café dan
Restaurant. Keberadaan tim konsultan akan sangat membantu untuk mendapatkannya.
Dengan pengalaman di berbagai tempat usaha Café dan
Restaurant, diharapkan tim konsultan bisa berfungsi sebagai sumber ide
sekaligus sebagai bahan perbandingan.
Tim konsultan yang kami bentuk, terdiri dari orang-orang
yang mempunyai pengalaman yang luar biasa di bidang masing-masing. Operasional
service dan marketing, bar dan kitchen.
Kami sengaja membagi tim kami menjadi tiga departemen
besar: Departemen Bar. Departemen Kitchen dan Departemen Operasional Service
& Marketing, karena departemen-departemen tersebut adalah elemen yang
sangat vital dan sayangnya justru dari departemen-departemen tersebutlah
permasalahan sering timbul.
Paket Konsultan
– Pekerjaan-pekerjaan yang akan kami lakukan sebagai
konsultan, kami bagi menjadi 3 (tiga) macam paket perencanaan:
A. Paket ROOMAH
CAFÉ. Paket ini kami tawarkan bagi Anda yang
belum mempunyai konsep usaha sama sekali. Dengan kata lain, Anda menyiapkan
modal dan lahan usaha saja. Pekerjaan yang akan kami lakukan meliputi cakupan
pekerjaan sebagai berikut:
1. General Concept
– pemberian saran konsep usaha yang meliputi, layout
(tata letak ruangan), interior (furniture, flooring, lighting dan sound),
budgeting, logo perusahaan dan target market.
2. Equipment
Purchase – pemberian saran untuk merek-merek
dan supplier equipment yang dibutuhkan. Penentuan par stock dan spesifikasi
peralatan.
3. Rules &
Regulations – pembuatan Peraturan Perusahaan,
Organization Chart, Job Description, Squence of Service, Standard Operation
Procedure, Departmental Administration.
4. Staff Hiring – saran pemasangan iklan lowongan melalui media cetak,
multi media, sekolah tinggi perhotelan dan pariwisata, job interview dan
recruitment.
5. Staff Training
& Development – pengadaan pelatihan terhadap staff
baru dan penanaman motivasi secara personal. Company Profile, Product
Knowledge, Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Table
Manner, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental
Administration, Handling Complaint, Handling Equipment, Telephone Etiquette,
Human Resource.
6. Create Menu
& Drink List – membuat daftar makanan dan minuman
yang disesuaikan dengan konsep usaha. Menciptakan resep-resep baru yang akan
dijual dan akan menjadi ikon dari outlet.
7. Standard Recipe
& Costing – pembuatan Standard Recipe untuk
setiap item yang akan dijual. Penentuan biaya dan harga jual dari masing-masing
item dan juga training mengenai Costing terhadap tenaga kerja yang ditunjuk.
Head Chef, Head Bar, Outlet Manager dan Cost Controller/Accounting staff.
8. Administration
& Cashiering Program – merekomendasikan
program administrasi dan cashier yang efektif guna meminimalis adanya
kecurangan ataupun permasalahan yang akan terjadi selama operasional.
9. Uniform – menyarankan design untuk staff uniform yang disesuaikan
dengan konsep usaha.
10. Marketing Plan – pembuatan perencanaan pemasaran selama 3 (tiga) bulan
pertama.
11. Evaluation – evaluasi-evaluasi pekerjaan yang sudah terlaksana dan
penyelesaian masalahnya.
Paket ROOMAH CAFÉ, kami kemas ke dalam 6 (enam) bulan masa kontrak, dengan perincian 3 (tiga)
bulan masa preparation dan 3 (tiga) bulan masa opening. Dalam 3 (tiga) bulan
masa opening, kami akan menjalankan Marketing Plan kami dan mengadakan
evaluasi-evaluasi operasional.
B. Paket ROOMAH NINGRAT. Paket yang kedua yang kami tawarkan adalah bagi Anda
yang ingin membangun image yang baru, pembenahan management, penyegaran ide,
peningkatan kualitas produk dan pelayanan maupun peningkatan revenue bagi usaha
Anda. Pekerjaan yang akan kami lakukan meliputi cakupan pekerjaan sebagai
berikut:
1. Collecting,
Analyzing and Evaluating Information – pengumpulan data untuk dianalisa dan kemudian diikuti dengan evaluasi
untuk mendapatkan kemungkinan penggabungan atau perubahan konsep dan penerapan
system marketing.
2. General Concept
– memberikan saran perbaikan, perubahan
atau pembuatan konsep baru. yang meliputi: layout (tata letak ruangan),
interior (furniture, lighting dan sound), logo perusahaan, target market.
3. Equipment
Purchase – memberikan saran untuk merek-merek
dan supplier equipment yang dibutuhkan, yang disesuaikan dengan perubahan
konsep. Penentuan par stock dan spesifikasi peralatan.
4. Rules &
Regulations – memberikan saran perbaikan Peraturan
Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Squence of Service, Standard
Operation Procedure, Departmental Administration.
5. Staffing – memberikan saran pemasangan iklan lowongan melalui
media cetak, multi media, sekolah tinggi perhotelan dan pariwisata, job
interview dan recruitment, untuk posisi-posisi yang mungkin harus diadakan
perubahan atau penambahan. Mengadakan mutasi dan pengurangan bagi staff yang
kurang berkompeten dalam suatu department.
6. Staff Training
& Development – pengadaan pelatihan terhadap semua
staff dan penanaman motivasi secara personal. Company Profile, Product
Knowledge, Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Table
Manner, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental
Administration, Handling Complaint, Handling Equipment, Telephone Etiquette,
Human Resource.
7. Create Menu
& Drink List – membuat penambahan atau penggantian
daftar makanan dan minuman yang disesuaikan dengan konsep usaha. Penciptaan
resep-resep baru yang akan dijual dan akan menjadi ikon dari outlet.
8. Standard Recipe
& Costing – pembuatan Standard Recipe untuk
setiap item yang akan dijual. Penentuan biaya dan harga jual dari masing-masing
item dan juga training mengenai Costing terhadap tenaga kerja yang ditunjuk.
Head Chef, Head Bar, Outlet Manager dan Cost Controller/Accounting staff.
9. Administration
& Cashiering Program – merekomendasikan
program administrasi dan cashier yang efektif guna meminimalis adanya
kecurangan ataupun permasalahan yang akan terjadi selama operasional.
10. Marketing Plan – pembuatan perencanaan pemasaran selama masa kontrak.
11. Evaluation – evaluasi-evaluasi pekerjaan yang sudah terlaksana dan
penyelesaian masalahnya.
Untuk Paket ROOMAH NINGRAT, kami kemas kedalam 4
(empat) bulan masa kontrak.
C.
Paket A LA CARTE. Paket A LA CARTE adalah paket yang lebih fleksibel yang kami tawarkan.
Yaitu kami akan mengerjakan bagian-bagian yang dibutuhkan saja.
Kesuksesan Anda adalah tujuan kami. Keuntungan Anda adalah kebanggaan kami.
Post a Comment