Roomah Café Management

Jasa Konsultan Café & Restaurant

Jasa Konsultan Cafe  Restaurant


Usaha Café dan Restaurant adalah bagian budaya suatu masyarakat baik yang bersifat global maupun lokal, seperti layaknya industri mode, usaha inipun sangat dipengaruhi dengan trend dari tiap-tiap zaman dan tentu saja keterlibatan marketing, promosi dan liputan media massa sangat mempengaruhi perkembangan bisnis ini.

Perlu untuk selalu diingat bahwa bisnis Café dan Restaurant adalah industri jasa yang memenuhi kebutuhan primer (utama) manusia untuk hidup dan manusia memerlukan makan dan minum sepanjang hari dan sepanjang hidupnya, maka bisnis ini memiliki prospek yang sangat baik dibandingkan bisnis lainnya. Saat ini kegiatan makan dan minum tidak lagi sekedar memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup tetapi juga sebagai sarana atau bagian dari kegiatan rekreasi. Masyarakat saat ini lebih cenderung makin tidak mampu memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang mereka olah sendiri akibat ketiadaan waktu maupun keahlian untuk itu.

Dalam bisnis Café dan Restaurant tidak cukup hanya memikirkan bagaimana membuka usaha ini, tetapi juga bagaimana mengembangkan usaha ini setelah buka baik pengembangan bisnis ataupun produk yang dijual dan layanan yang diberikan sehingga saat para pesaing mulai meniru produk yang sudah ada, pengusaha sudah mengeluarkan produk baru untuk ditawarkan kepada konsumen.

Untuk itu, seorang pengusaha Café dan Restaurant harus selalu mempunyai ide-ide baru untuk menyikapinya. Dalam hal ini, ide-ide tersebut bisa didapatkan dari orang-orang yang berpengalaman tentunya dalam bidang Café dan Restaurant. Keberadaan tim konsultan akan sangat membantu untuk mendapatkannya. Dengan pengalaman di berbagai tempat usaha Café dan Restaurant, diharapkan tim konsultan bisa berfungsi sebagai sumber ide sekaligus sebagai bahan perbandingan.

Tim konsultan yang kami bentuk, terdiri dari orang-orang yang mempunyai pengalaman yang luar biasa di bidang masing-masing. Operasional service dan marketing, bar dan kitchen.

Kami sengaja membagi tim kami menjadi tiga departemen besar: Departemen Bar. Departemen Kitchen dan Departemen Operasional Service & Marketing, karena departemen-departemen tersebut adalah elemen yang sangat vital dan sayangnya justru dari departemen-departemen tersebutlah permasalahan sering timbul.

Paket Konsultan – Pekerjaan-pekerjaan yang akan kami lakukan sebagai konsultan, kami bagi menjadi 3 (tiga) macam paket perencanaan:

A.      Paket ROOMAH CAFÉ. Paket ini kami tawarkan bagi Anda yang belum mempunyai konsep usaha sama sekali. Dengan kata lain, Anda menyiapkan modal dan lahan usaha saja. Pekerjaan yang akan kami lakukan meliputi cakupan pekerjaan sebagai berikut:

1.      General Concept – pemberian saran konsep usaha yang meliputi, layout (tata letak ruangan), interior (furniture, flooring, lighting dan sound), budgeting, logo perusahaan dan target market.

2.      Equipment Purchase – pemberian saran untuk merek-merek dan supplier equipment yang dibutuhkan. Penentuan par stock dan spesifikasi peralatan.

3.      Rules & Regulations – pembuatan Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental Administration.

4.      Staff Hiring – saran pemasangan iklan lowongan melalui media cetak, multi media, sekolah tinggi perhotelan dan pariwisata, job interview dan recruitment.

5.      Staff Training & Development – pengadaan pelatihan terhadap staff baru dan penanaman motivasi secara personal. Company Profile, Product Knowledge, Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Table Manner, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental Administration, Handling Complaint, Handling Equipment, Telephone Etiquette, Human Resource.

6.      Create Menu & Drink List – membuat daftar makanan dan minuman yang disesuaikan dengan konsep usaha. Menciptakan resep-resep baru yang akan dijual dan akan menjadi ikon dari outlet.

7.      Standard Recipe & Costing – pembuatan Standard Recipe untuk setiap item yang akan dijual. Penentuan biaya dan harga jual dari masing-masing item dan juga training mengenai Costing terhadap tenaga kerja yang ditunjuk. Head Chef, Head Bar, Outlet Manager dan Cost Controller/Accounting staff.

8.      Administration & Cashiering Program – merekomendasikan program administrasi dan cashier yang efektif guna meminimalis adanya kecurangan ataupun permasalahan yang akan terjadi selama operasional.

9.      Uniform – menyarankan design untuk staff uniform yang disesuaikan dengan konsep usaha.

10.  Marketing Plan – pembuatan perencanaan pemasaran selama 3 (tiga) bulan pertama.

11.  Evaluation – evaluasi-evaluasi pekerjaan yang sudah terlaksana dan penyelesaian masalahnya.

Paket ROOMAH CAFÉ, kami kemas ke dalam 6 (enam) bulan masa kontrak, dengan perincian 3 (tiga) bulan masa preparation dan 3 (tiga) bulan masa opening. Dalam 3 (tiga) bulan masa opening, kami akan menjalankan Marketing Plan kami dan mengadakan evaluasi-evaluasi operasional.


B.      Paket ROOMAH NINGRAT. Paket yang kedua yang kami tawarkan adalah bagi Anda yang ingin membangun image yang baru, pembenahan management, penyegaran ide, peningkatan kualitas produk dan pelayanan maupun peningkatan revenue bagi usaha Anda. Pekerjaan yang akan kami lakukan meliputi cakupan pekerjaan sebagai berikut:

1.      Collecting, Analyzing and Evaluating Information – pengumpulan data untuk dianalisa dan kemudian diikuti dengan evaluasi untuk mendapatkan kemungkinan penggabungan atau perubahan konsep dan penerapan system marketing.

2.      General Concept – memberikan saran perbaikan, perubahan atau pembuatan konsep baru. yang meliputi: layout (tata letak ruangan), interior (furniture, lighting dan sound), logo perusahaan, target market.

3.      Equipment Purchase – memberikan saran untuk merek-merek dan supplier equipment yang dibutuhkan, yang disesuaikan dengan perubahan konsep. Penentuan par stock dan spesifikasi peralatan.

4.      Rules & Regulations – memberikan saran perbaikan Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental Administration.

5.      Staffing – memberikan saran pemasangan iklan lowongan melalui media cetak, multi media, sekolah tinggi perhotelan dan pariwisata, job interview dan recruitment, untuk posisi-posisi yang mungkin harus diadakan perubahan atau penambahan. Mengadakan mutasi dan pengurangan bagi staff yang kurang berkompeten dalam suatu department.

6.      Staff Training & Development – pengadaan pelatihan terhadap semua staff dan penanaman motivasi secara personal. Company Profile, Product Knowledge, Peraturan Perusahaan, Organization Chart, Job Description, Table Manner, Squence of Service, Standard Operation Procedure, Departmental Administration, Handling Complaint, Handling Equipment, Telephone Etiquette, Human Resource.

7.      Create Menu & Drink List – membuat penambahan atau penggantian daftar makanan dan minuman yang disesuaikan dengan konsep usaha. Penciptaan resep-resep baru yang akan dijual dan akan menjadi ikon dari outlet.

8.      Standard Recipe & Costing – pembuatan Standard Recipe untuk setiap item yang akan dijual. Penentuan biaya dan harga jual dari masing-masing item dan juga training mengenai Costing terhadap tenaga kerja yang ditunjuk. Head Chef, Head Bar, Outlet Manager dan Cost Controller/Accounting staff.

9.      Administration & Cashiering Program – merekomendasikan program administrasi dan cashier yang efektif guna meminimalis adanya kecurangan ataupun permasalahan yang akan terjadi selama operasional.

10.  Marketing Plan – pembuatan perencanaan pemasaran selama masa kontrak.

11.  Evaluation – evaluasi-evaluasi pekerjaan yang sudah terlaksana dan penyelesaian masalahnya.

Untuk Paket ROOMAH NINGRAT, kami kemas kedalam 4 (empat) bulan masa kontrak.


C.      Paket A LA CARTE. Paket A LA CARTE adalah paket yang lebih fleksibel yang kami tawarkan. Yaitu kami akan mengerjakan bagian-bagian yang dibutuhkan saja.

Kesuksesan Anda adalah tujuan kami. Keuntungan Anda adalah kebanggaan kami.

Post a Comment