Tips Membuat Surat Lamaran Via Email

Membuat Surat Lamaran Kerja


Di tulisan saya kali ini, saya memberikan contoh Surat Lamaran dalam bahasa Inggris yang menurut saya bisa menjadi nilai lebih, mengingat saat ini begitu banyak pelamar pekerjaan yang meremehkan nilai-nilai yang seharusnya akan membantu mereka untuk maju lebih cepat dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.

Sebelumnya, saya akan memberikan beberapa tips dalam membuat Surat Lamaran agar surat yang kita kirim bisa mendapatkan respon yang maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat Surat Lamaran antara lain sebagai berikut:

1.     Buatlah alamat email resmi atau setidaknya yang pantas dibaca penerima email karena alamat email yang Anda gunakan akan muncul saat Anda mengirim Surat Lamaran melalui email.

2.     Buatlah Surat Lamaran dengan kemampuan komputer Anda. Perlu Anda ketahui bahwa semakin ke sini, tanggap teknologi adalah sebuah keharusan. Bukan hanya sekedar mengoperasikan handphone, akan tetapi penguasaan Microsoft Office yang akan digunakan setiap hari di tempat kerja juga merupakan hal vital. Jaman dahulu, tulisan tangan asli akan dipertimbangkan lebih. Akan tetapi hal tersebut sudah tidak berlaku saat ini.

3.     Cantumkan alamat yang dituju pada Surat Lamaran Anda untuk menunjukkan bahwa surat tersebut memang khusus ditujukan untuk perusahaan tersebut. Tidak dipungkiri bahwa bagi pencari kerja, sekali kirim Surat Lamaran bisa beberapa alamat. Namun demikian, penerima lamaran tidak perlu mengetahui hal tersebut.

4.     Jangan lupa mengganti tanggal pembuatan.

5.     Cantumkan Judul Email pada kolom Subject dengan efektif. Misalnya “Apply for Operations Manager” atau diisi dengan kode yang mungkin diminta oleh perusahaan.

6.     Tidak perlu menulis isi Surat Lamaran pada badan email karena sudah ada pada lampiran. Cukup dengan pemberitahuan saja,

Dengan Hormat,

Berikut ini Saya lampirkan Surat Lamaran, Daftar Riwayat Hidup dan beberapa berkas lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Terima Kasih

7.     Simpanlah file Surat Lamaran Anda dengan PDF. File PDF tidak akan berubah saat dibuka di komputer manapun. Berbeda dengan file Word. Berilah nama file Anda dengan baik dan jelas, karena nama file ini juga akan terbaca oleh penerima email. Misalnya: “Surat Lamaran”, “CV”, “Referensi LA Restaurant” dan lain-lain.

8.     Untuk pasphoto, cukup dimasukkan ke dalam CV dan tidak perlu dilampirkan terpisah.

9.     Untuk file kartu identitas seperti KTP atau SIM, sebaiknya discan pada kertas putih dengan ukuran sebenarnya, sehingga memudahkan penerima dalam mencetaknya apabila diperlukan.

10. Tidak perlu melampirkan berkas yang tidak diminta seperti Kartu Keluarga atau Surat Pencari Kerja, kecuali diminta.

11. Lampirkan dengan rapi dan berurutan:

1.     Surat Lamaran

2.     Daftar Riwayat Hidup/CV

3.     KTP/SIM

4.     Ijazah terakhir beserta nilainya

5.     Referensi kerja dari yang terbaru

6.     Sertifikat kompetensi dari yang terbaru

12. Jangan mem-forward file lamaran untuk beberapa alamat email perusahaan, karena hal tersebut akan terbaca oleh penerima email dan mereka tidak akan memprioritaskan Surat Lamaran Anda.

13. Jangan lupa memeriksa email dengan teliti sebelum dikirim. Hal yang sering lupa adalah email belum ada lampirannya.

Semoga bermanfaat.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post