Di tulisan saya
kali ini, saya memberikan contoh Surat Lamaran dalam bahasa Inggris yang
menurut saya bisa menjadi nilai lebih, mengingat saat ini begitu banyak pelamar
pekerjaan yang meremehkan nilai-nilai yang seharusnya akan membantu mereka
untuk maju lebih cepat dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.
Sebelumnya,
saya akan memberikan beberapa tips dalam membuat Surat Lamaran agar surat yang
kita kirim bisa mendapatkan respon yang maksimal. Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam membuat Surat Lamaran antara lain sebagai berikut:
1.
Buatlah alamat email resmi atau setidaknya yang
pantas dibaca penerima email karena alamat email yang Anda gunakan akan muncul
saat Anda mengirim Surat Lamaran melalui email.
2.
Buatlah Surat Lamaran dengan kemampuan komputer
Anda. Perlu Anda ketahui bahwa semakin ke sini, tanggap teknologi adalah sebuah
keharusan. Bukan hanya sekedar mengoperasikan handphone, akan tetapi penguasaan
Microsoft Office yang akan digunakan setiap hari di tempat kerja juga merupakan
hal vital. Jaman dahulu, tulisan tangan asli akan dipertimbangkan lebih. Akan
tetapi hal tersebut sudah tidak berlaku saat ini.
3.
Cantumkan alamat yang dituju pada Surat Lamaran
Anda untuk menunjukkan bahwa surat tersebut memang khusus ditujukan untuk perusahaan
tersebut. Tidak dipungkiri bahwa bagi pencari kerja, sekali kirim Surat Lamaran
bisa beberapa alamat. Namun demikian, penerima lamaran tidak perlu mengetahui
hal tersebut.
4.
Jangan lupa mengganti tanggal pembuatan.
5.
Cantumkan Judul Email pada kolom Subject dengan
efektif. Misalnya “Apply for Operations Manager” atau diisi dengan kode
yang mungkin diminta oleh perusahaan.
6.
Tidak perlu menulis isi Surat Lamaran pada badan
email karena sudah ada pada lampiran. Cukup dengan pemberitahuan saja,
Dengan Hormat,
Berikut ini Saya lampirkan Surat Lamaran, Daftar Riwayat Hidup dan
beberapa berkas lainnya sebagai bahan pertimbangan.
Terima Kasih
7.
Simpanlah file Surat Lamaran Anda dengan PDF. File
PDF tidak akan berubah saat dibuka di komputer manapun. Berbeda dengan file
Word. Berilah nama file Anda dengan baik dan jelas, karena nama file ini juga
akan terbaca oleh penerima email. Misalnya: “Surat Lamaran”, “CV”, “Referensi
LA Restaurant” dan lain-lain.
8.
Untuk pasphoto, cukup dimasukkan ke dalam CV dan tidak
perlu dilampirkan terpisah.
9.
Untuk file kartu identitas seperti KTP atau SIM,
sebaiknya discan pada kertas putih dengan ukuran sebenarnya, sehingga
memudahkan penerima dalam mencetaknya apabila diperlukan.
10.
Tidak perlu melampirkan berkas yang tidak diminta
seperti Kartu Keluarga atau Surat Pencari Kerja, kecuali diminta.
11.
Lampirkan dengan rapi dan berurutan:
1.
Surat Lamaran
2.
Daftar Riwayat Hidup/CV
3.
KTP/SIM
4.
Ijazah terakhir beserta nilainya
5.
Referensi kerja dari yang terbaru
6.
Sertifikat kompetensi dari yang terbaru
12.
Jangan mem-forward file lamaran untuk beberapa
alamat email perusahaan, karena hal tersebut akan terbaca oleh penerima email
dan mereka tidak akan memprioritaskan Surat Lamaran Anda.
13.
Jangan lupa memeriksa email dengan teliti sebelum
dikirim. Hal yang sering lupa adalah email belum ada lampirannya.
Semoga
bermanfaat.
Post a Comment